ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HASIL PEMERIKSAAN AUDIT PEMERINTAH (STUDI EMPIRIS PADA BPKP PERWAKILAN PROVINSI DKI JAKARTA)

Reza Ferdiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahwa batasan waktu audit, pengalaman kerja, independensi, objektifitas, integritas, dan kompetensi auditor terhadap kualitas hasil pemeriksaan audit pemerintah.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan langsung kepada seluruh auditor pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi D.K.I Jakarta. Penentuan sampel dengan kritera bahwa auditor tersebut telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Auditor (JFA). Kuisioner terdiri dari 68 pertanyaan dan diukur dengan skala Likert 1-5. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS dengan model persamaan regresi linear berganda dengan level signifikansi 10%.
Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa independensi, integritas dan kompetensi auditor pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil pemeriksaan yang dihasilkan. Sedangkan batasan waktu audit, pengalaman kerja audit, dan obyektifitas auditor pemerintah tidak berpengaruh terhadap kualitas hasil pemeriksaan.

Full Text:

PDF

References


Alim, M.N., T. Hapsari, dan L. Purwanti. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar.

Badjuri, Achmad. 2012. Journal. Analysis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Pemeriksaan Audit Sektor Publik. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. Vol.1, No.2, Nopember, 120-135 ISSN; 1979-4878.

De Angelo, L.E. 1981. Auditor Independence, “Low Balling”, And Disclosure Regulation. Journal Of Accounting And Economics 3. Agustus. Page 113-127.

Efendy, Muh. Taufiq. 2010. Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat Dalam Pengawasan Keuangan Daerah. Tesis. Undip.

Elisha dan Icuk. 2010. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Profesional Care dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit, Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto 2010.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2001. Pernyataan Standar Auditing (PSA) No. 70: Perimbangan atas Kecurangan dalam Audit Laporan Keuangan. Jakarta: IAI.

Luthans, Fred, 2005. Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh, Diterjemahkan oleh : Vivin Andhika Yuwono; Shekar Purwanti; Th.Arie Prabawati; dan Winong Rosari. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mabruri dan Winarna. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Audit di Lingkungan Pemerintah Daerah. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Mardiasmo. 2006. Pewujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance. Jurnal Akuntansi Pemerintah Vol. 2, No. 1.

Mardiasmo.2002.Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta:Penerbit ANDI.

Mulyadi, 2002. Auditing, Buku Dua, Edisi Ke Enam, Salemba Empat, Jakarta.

Nataline. (2007). Pengaruh Batasan Waktu Audit , Pengetahuan akuntansi dan auditing, bonus serta pengalaman terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Parasayu, Annisa. dan Rohman, Abdul. 2014. Jurnal. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Audit Internal (Study Persepsi Aparat Intern Pemerintah Kota Surakarta dan Kabupaten Boyolali)”. Diponegoro Journal of Accounting. Volume 3. Nomor 2. Halaman 1-10. Semarang.

Pusbin JFA BPKP. Profil Jabatan Fungsional Auditor (JFA) Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Jakarta.

Pusdiklatwas BPKP. 2008. Modul Diklat Pembentukan Auditor Ahli: Kode Etik Dan Standar Audit. Bogor.

Republik Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

______________. 2008. Permenpan Nomor PER/04/M.PAN/03/2008 tentang Kode Etik Aparat Pengawasan Intern Pemerintah.

______________. 2008. Permenpan Nomor PER/05/M.PAN/03/2008 tentang Standar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah.

______________. 2007. Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2007. Standar Pemeriksaan Keuangan Negara. Jakarta.

Sekaran, Uma. 2013. Research Methods for Business. Sixth Edition. Wiley.

Sukriah, Ika. Akram dan Biana Adha Inapty. 2009. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang.

Sunarsip. 2001. Kepemimpinan Transformasional Dalam Era Perubahan Organisasi. Jurnal Managemen dan Bisnis. Vol 5 No.2. Desember 2001 : 106-116.

Suraida, Ida. 2005. Jurnal. Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit dan Risiko Audit Terhadap Skeptisme Profesional Auditor Dan Ketepatan Pemberian Opini Akuntan Publik. Sosiohumaniora, Vol.7, No.3, November, 186-202.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961/jab.v16i2.200