Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Perencanaan Agresivitas Pajak

Faridatul Makhfudloh, Nurul Herawati, Anis Wulandari

Abstract


This study examine the empirical association between corporate social responsibility (CSR) and aggressive tax planning. The dependent variable is used in this study is aggressive tax planning that measured using ETR (effective tax rates). The independent variable in this study is corporate social responsibility. While control variable in this study is leverage, liquidity, profitability, company size, capital intensity, and inventory intensity. This study use 55 sample (firm-years) that listed on the Jakarta Islamic Index that listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2010-2014. Data were analyzed using multiple linier regression analysis model. The result show that did not effect that significant between CSR to aggressive tax planning.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap perencanaan agresivitas pajak. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan agresivitas pajak yang diukur dengan menggunakan ETR (Effective Tax Rates). Variabel independen dalam penelitian ini adalah CSR (Corporate Social Responsibility). Sedangkan variabel kontrol dalam penelitian ini adalah leverage, likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, intensitas modal, dan intensitas persediaan. Penelitian ini menggunakan 55 sampel perusahaan yang terdaftar dalam JII (Jakarta Islamic Index) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2014. Data analisis menggunakan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara CSR terhadap perencanaan agresivitas pajak.


Keywords


corporate social responsibility;perencanaan agresivitas pajak;effective tax rates

Full Text:

PDF

References


Anita, F., Basri, Y.M., & Julita. (2015). Pengaruh corporate social responsibility, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak (Studi empiris pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2013). Jom FEKON, 2(2), 1-15.

Chen, S., Chen, X., Cheng, Q., & Shevlin, T. (2010). Are family firms more tax aggressive than non-family firms?. Journal of Financial Economics, 95(1), 41-61.

Damayanti, D. (2017). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2015). Jurnal Ilmiah Cendikia Akuntansi, 5(2), 43-54.

Davis, A.K., Guenther, D.A., Krull, L.K., & Williams, B.M. (2016). Do socially responsible firms pay more taxes? The Accounting Review, 91(1), 47–68.

Deegan, C., Rankin, M., & Tobin, J. (2002). An examination of the corporate social and environmental disclosures of bhp from 1983-1997. Accounting, Auditing & Accountability, 15(3), 312-43.

Djankov, S., La Porta, R., Lopez-de-Silanes, F., & Shleifer, A. (2008). The law and economics of self-dealing. Journal of Financial Economics, 88, 430–465.

Dowling, J., & Preffer, J. (1975). Organizational legitimacy. Social Values and Organizational Behavior, 18(1), 122-136.

Fahrizqi, A. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility (csr) dalam laporan tahunan perusahaan: Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam bursa efek indonesia (Skripsi). Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Semarang.

Frank, M.M., Lynch, L.J., & Rego, S.O. (2009). Tax reporting aggresiveness and its relation to aggressive financial reporting. The Accounting Review, 84(2), 467-496.

Garriga, E., & Mele, D. (2004). Corporate social responsibility theories: mapping the territory. Journal of Business Ethics, 53(1/2), 51–71.

Gupta, S., & Newberry, K. (1997). Determination of the variability in corporate effective tax rates: Evidence from longitudinal data. Journal of Accounting and Public Policy, 1-13

Hackston, D., & Milne, M.J. (1996). Some determinants of social and environmental disclosure in new zealand companies. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 9(1), 77-108.

Harari., Moran., Sitbon, O., & Kedar, R.D. (2013). Aggressive tax planning and corporate social responsibility in israel. Accountancy Business and the Public Interest, 12, 1-46.

Harjito, Y., Sari, C.N., & Yulianto. (2017). Tax aggressiveness seen from company characteristics and corporate social responsibility. Journal of Auditing, Finance, and Forensic Accounting, 5(2), 77-91.

Helfert, E.A. (1997). Teknik analisis keuangan : petunjuk praktis untuk mengelola dan mengukur kinerja perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hidayat, K., Ompusunggu, A.P., & Suranto, H. (2016). Pengaruh corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak dengan insentif pajak sebagai pemoderasi (Studi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI). Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi, 2(2), 39-58.

Hoi, C.K., Wu, Q., & Zhang, H. (2013). Is corporate social responsibility (CSR) associated with tax avoidance? Evidence from irresponsible CSR activities. The Accounting Review, 88(6), 2025–2059.

Huseynov, F., & Klamm, B.K. (2012). Tax avoidance, tax management and corporate social responsibility. Journal of Corporate Finance, 18(4), 804–827.

Jama’an, 2008. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Kantor Akuntan Publik terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan (Thesis). Program Studi Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro, Semarang.

Kuriah, H.L., & Asyik, N.F. (2016). Pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(3), 1-19.

Kusumo, W.K.R.H., & Asyik, N. F. (2017). Pengaruh Agresivitas Pajak, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Roa terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(12).

Landry, S., Deslandes, M., & Fortin, A. (2013). Tax aggressiveness, corporate social responsibility, and ownership structure. Journal of Accounting, Ethics and Public Policy, 14(3), 611–645.

Lanis, R., & Richardson, G. (2012). Corporate social responsibility and tax aggressiveness: An empirical analysis. Journal of Accounting and Public Policy, 31(1), 86–108.

Lanis, R., & Richardson, G. (2013). Corporate social responsibility and tax aggressiveness: A test of legitimacy theory. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 26(1), 75-100.

Lanis, R., & Richardson, G. (2015). Is corporate social responsibility performance associated with tax avoidance? Journal of Business Ethics, 127(2), 439–457.

Leuz, C., Nanda, D., & Wysocki, P.D. (2003). Earnings management and investor protection: an international comparison. Journal of Financial Economics, 69(3), 505–527.

Mackey, A., Mackey, T., & Barney, J. (2007). Corporate social responsibility and firm performance: investor preferences and corporate strategies. Academy of Management Review, 32(3), 817–835.

Maesarah, Y., Atikah, S., & Husnaini, W. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Social Responsibility terhadap Penghindaran Pajak. Paper dipresentasikan pada KRA II (Konferensi Regional Akuntansi).

Maksum, A., & Kholis, A. (2003). Analisis tentang pentingnya tnaggung jawab dan akuntansi sosial perusahaan (corporate social responsibility): Studi empiris di kota medan. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi VI Surabaya.

Maraya, A.D., & Yendrawati, R. (2016). Pengaruh corporate governance dan corporate social responsibility disclosure terhadap tax avoidance: Studi empiris pada perusahaan tambang dan CPO. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 20(2), 147-159.

Mumtahanah, S.N., & Septiani, A. (2017). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak dengan moderasi kepemilikan saham oleh keluarga (Studi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2013-2015). Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), 1-13.

Muzakki, M.R., & Darsono. (2015). Pengaruh corporate social responsibility dan capital intensity terhadap penghindaran pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 4(3), 1-8.

Napitu, A.T., & Kurniawan, C.H. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi agresivitas pajak perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia periode 2012-2014. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung.

Nusantari, N.I., Nuzula, N.F., & Darono, A. (2015). Pengaruh agresivitas pajak terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) (Studi pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks SRI KEHATI tahun 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis-Perpajakan (JAB), 5(2).

Oktaviana, N.E., (2014). Pengaruh agresivitas pajak terhadap corporate social responsibility: untuk menguji teori legitimasi (studi empiris pada perusahaan pertambangan dan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012) (Skripsi). Fakultas Ekonomika dan Bianis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Peraturan Pemerintah No. 47 tahun 2012. Tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas. 4 April 2012. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5305. Jakarta.

Pradipta, D.A., & Supriyadi. (2015). Pengaruh corporate social responbility, profitabilitas, leverage, dan komisaris independen terhadap praktik penghindaran pajak. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi XVIII, Medan.

Pradnyadari, I.D.A.I., & Rohman, A. (2015). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 4(2), 1-9.

Prasista, P.M., & Setiawan, E. (2016). Pengaruh profitabilitas dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak penghasilan wajib pajak badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(3), 2120-2144.

Purwanggono, E. A., & Rohman, A. (2015). Pengaruh corporate social responsibility dan kepemilikan mayoritas terhadap agresivitas pajak (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2011-2013). Diponegoro Journal of Accounting, 4(2), 1-13.

Ratmono, D., & Sagala, W.M. (2015). Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) sebagai sarana legitimasi: dampaknya terhadap tingkat agresivitas pajak. Jurnal Nominal, 4(2).

Rini, D.M., Handajani, L., & Sasanti, E.E. (2015). Agresivitas pajak pada perusahaan publik indonesia yang melakukan pengungkapan corporate social responsibility. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi XVIII, Medan.

Rohmati, W.F. (2013). Analisis pengaruh CSR performance dan CSR reporting terhadap tax aggresiveness pada perusahaan yang terdaftar di BEI (Skripsi). Universitas Indonesia, Jakarta.

Sagala, W.M., & Ratmono, D. (2015). Analisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 4(3), 1-9.

Sari, D.L., Darlis, E., & Wiguna, M. (2017). Pengaruh corporate social responsibility, kepemilikan mayoritas dan corporate governance terhadap agresivitas pajak (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2014). JOM Fekon, 4(1), 1813-1827.

Sembiring, E.R. (2005). Karakteristik perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial: studi empiris pada perusahaan yang tercatat di bursa efek jakarta. MAKSI, 6(1), 69-85.

Septiani, M. (2013). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibility disclosure dan implikasinya terhadap earning per share (Skripsi). Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sugiyono. (2013). Metoda penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Tang, T.Y.H. (2015). Does book-tax conformity deter opportunistic book and tax reporting? An International analysis. European Accounting Review, 24(3), 441–469.

Tjondro, E., Widuri, R., & Katopo, J. M. (2016). Kualitas corporate social responsibility dan penghindaran pajak dengan kinerja laba sebagai moderator. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 18(2), 105-118.

Toly, A.A., & Jessica. (2014). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Tax & Accounting Review, 4(1).

Tsakumis, G.T., Curatola, A.P., & Porcano, T.M. (2007). The relation between national cultural dimensions and tax evasion. Journal of International Accounting, Auditing and Taxation, 16(2), 131–147.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Wahyudi, D. (2016). Analisis empiris pengaruh aktifitas corporate social responsibility (csr) terhadap penghindaran pajak di Indonesia. Proceeding Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Nasional ke-2 Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Provinsi Banten.

Warsono & Ardianto, Y. (2015). Pengaruh corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak dengan insentif pajak sebagai pemoderasi (Studi pada perusahaan pertambangan di indonesia). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 2(2), 236-249.

Watson, L. (2011). Corporate social responsibility and tax aggressiveness: An examination of unrecognized tax benefits. Working Paper. The Pennsylvania State University.

Watson, L. (2015). Corporate social responsibility, tax avoidance, and earnings performance. The Journal of the American Taxation Association (JATA), 37(2), 1–21.

Winarsih, R., Prasetyono., & Kusufi, M.S. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Tindakan Pajak Agresif (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2009-2012). Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi 17 Mataram, Lombok.

Yunistiyani, V., & Tahar, A. (2017). Corporate social responsibility dan agresivitas pelaporan keuangan terhadap agresivitas pajak dengan good corporate governance sebagai pemoderasi (Studi pada perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 1-31.

Zeng, T. (2016). Corporate social responsibility, tax aggressiveness, and firm market value. Accounting Perspectives, 15(1), 7-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961/jab.v18i1.235

Jurnal Akuntansi dan Bisnis (JAB)
ISSN 1412-0852 (print), 2580-5444 (online)
Published by Accounting Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Sebelas Maret, Indonesia


Creative Commons License
JAB on http://jab.fe.uns.ac.id/index.php/jab is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Visitor Statistic